Rabu, 19 Maret 2014

ROAD SHOW DAN PANEN PADI DI KABUPATEN HALMAHERA TIMUR



Dalam kesempatan acara peresmian Mini Feed Mill tanggal (14/03/2014) di kelurahan Kastela kec. Pulau Ternate kota Ternate, dilakukan juga diskusi secara terbatas antara Walikota Ternate, Kadis Pertanian Kota Ternate dan Kepala BPTP Maluku Utara tentang pengembangan potensi sukun di wilayah Ternate, khususnya di pulau Moti, Hiri, dan Batangdua. Dalam diskusi tersebut, disepakati tentang rencana kegiatan eksplorasi dan optimalisasi keunggulan pemanfaatan sukun lokal Ternate dengan langkah awal melakukan karakterisasi dan identifikasi produksi serta populasi sukun di wilayah Ternate dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Sebagai persiapan operasionalisasinya, maka akan dilakukan sinkronisasi kegiatan bersama dengan Bapak Walikota Ternate pada minggu IV bulan Maret di kantor Walikota Ternate.

Selain itu, sebagai rangkaian kegiatan pertemuan dengan Bupati Halmahera Timur pada acara peresmian Mini Feed Mill, telah dilaksanakan acara “Panen Raya Padi” pada tanggal 16 Maret 2014 di desa Toboino Kec. Wasile Timur kabupaten Halmahera Timur yang dihadiri oleh Danrem 152/Baabullah, Dandim 1505/Tidore, Bupati Halmahera Timur beserta jajaran Muspida kab. Halmahera Timur dan Gapoktan/Poktan di 4 desa sekitar. Dalam sambutannya, Bupati Halmahera Timur menyampaikan ucapan terimkasih kepada seluruh pihak, khususnya BPTP Maluku Utara, yang telah mendiseminasikan dan melakukan pendampingan kegiatan SL PTT Padi Sawah sehingga telah terjadi peningkatan produktivitas yang signifikan saat ini di kabupaten Halmahera Timur.
 
Tantangan kedepan, target produktivitas padi sawah sebesar 7 ton/ha harus bisa dicapai di kabupaten Halmahera Timur dengan lebih mensinergikan peran petani, Dinas Pertanian kab Halmahera Timur, Danramil kab. Hallmahera Timur dan BPTP Maluku Utara di lapangan. Dalam kesempatan ini, Kepala BPTP Maluku Utara Dr. Andriko Noto Susanto, SP., MP. menyerahkan Kalender Tanam (Katam) untuk Musim Tanam II Tahun 2014  dan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) kepada BP4K kabupaten Halmahera Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar